by

Ribuan Rumah Rusak! ACT Sumbar Ajak Bangun Hunian Sementara untuk Warga Terdampak Erupsi Semeru

-NEWS, SOSIAL-53 views

kabaronline.id, PADANG. Erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada 4 Desember 2021 menimbulkan kerusakan parah bagi daerah yang dilalui oleh guguran awan panas, salah satunya adalah Desa Supit Urang. Desa yang dihuni oleh kurang lebih 1480 KK ini kini rata dengan tanah akibat terjangan awan panas, yang pada akhirnya ribuan warga terpaksa harus mengungsi ke daerah yang lebih aman.

Salah satunya adalah Pak Sugeng, warga Dusun Sumbersari Desa Supit Urang menceritakan, bahwa awal kejadian ia sedang di depan rumah, tiba-tiba ada lahar dingin mengalir yang disusul lava. Spontan saja ia mengajak lari seluruh anggota keluarga menjauh dari aliran lahar dan lava tersebut. Ia sudah tidak memikirkan lagi harta benda yang penting seluruh keluarga selamat. “Yang kami pikirkan adalah lari menjauh dari lava agar tetap selamat, kami tak sempat mikir harta benda lagi, yang penting kami sekeluarga selamat” Ujarnya.

Setelah kondisi agak aman, ia kembali ke rumah, ternyata rumah sudah rata dengan tanah disapu lahar dingin dan tertimbun abu vulkanik. Ia hanya bisa duduk diam dan termenung sesekali mengusap matanya tak terasa air mata kesedihan mengalir dari kedua matanya yang menatap kosong melihat rumah yang kini rata dengan tanah.

Untuk kembali membangun rumah adalah hal yang sulit di situasi saat ini apalagi seluruh harta benda sudah tidak bisa diselamatkan karena erupsi, di pengungsian mereka hidup dalam ketidakpastian. Bagi warga Supit Urang menuju kehidupan normal paska erupsi dibutuhkan waktu kurang lebih hampir satu tahun, agar para warga korban bisa nyaman diperlukan hunian sementara yang mampu memberikan suasana tenang.

Ahyudin Presiden Global Islamic Philantropy (GIP) ACT saat meninjau langsung di lokasi bersama tim rescue ACT turun langsung ke lokasi Supiturang sebuah desa yang berada di Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Terlihat di sekeliling Pak Ahyudin, Semua rumah warga tak luput dari semburan awan panas Semeru sehingga banyak rusak dan tidak layak huni.

“Anda bisa melihat ya, dusun ini terlihat sudah hancur dan sudah bisa kita tau apa program yang paling tepat saat ini untuk saudara kita, iya. Tentu saja kita harus menyiapkan pemukiman sementara untuk seluruh warga yang mengungsi” Ungkap nya.

Untuk itu Pa Ahyudin mengajak para dermawan untuk berjamaah bantu warga memiliki Rumah Hunian Sementara yang lebih nyaman, sehat dan aman.

Senada dengan ucapan Pak Ahyudin, Aan Saputra menyambut baik seruan untuk mengajak segenap dermawan ACT untuk berjamaah membangunkan hunian sementara bagi warga terdampak erupsi semeru “Kami siap ajak dan himbau serta ikhtiar untuk kumpulkan donasi agar bisa bantu saudara kita bisa istirahat dengan nyaman di hunian sementara” Ujar Aan. (Syd)

###

Sahabat Dermawan mari saling bahu membahu bantu siapkan hunian sementara untuk warga desa Supit Urang agar mereka bisa memulai hidup normal kembali sembari menata rumah dan kehidupan mereka seperti sedia kala sebelum erupsi gunung Semeru.

Sahabat Dermawan bisa kirim donasi untuk bangun hunian sementara melalui : Rekening Aksi Cepat Tanggap BSI 1111133553 dan Konfirmasi Transfer Donasi ke WA 0811-6680-074

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed