by

Respon Cepat Bencana Erupsi Semeru, ACT Sumbar Buka Posko Bantuan Kemanusiaan

kabaronline.id, PADANG. Letusan Semeru yang terjadi di akhir pekan kemarin membawa dampak besar bagi warga sekitar. Selain korban jiwa, ribuan penyintas juga bertahan di pengungsian dengan kondisi seadanya. Harta benda mereka minim yang bisa diselatkan, yang terpenting nyawa berserta keluarganya selamat.

Merespons besarnya dampak letusan Semeru, Aksi Cepat Tanggap (ACT) membuka Posko Kemanusiaan. Tak hanya di sekitar Semeru yang menjadi pusat koordinasi dan distribusi, ACT juga membuka posko ini di berbagai daerah, seperti di ACT Cabang Padang, Sumatera Barat.

Kepala Cabang ACT Sumbar Aan Saputra mengatakan, Posko Kemanusiaan ini menjadi titik bagi masyarakat yang ingin menyalurkan kepeduliannya. Hal tersebut, karena untuk menanggulangi dampak letusan besar Semeru di masa tanggap darurat hingga pemulihan nanti memerlukan gotong royong dan peran serta masyarakat.

“Kami ingin memfasilitasi masyarakat, Kota Padang khususnya, yang ingin berbagi kepada saudara kita di Lumajang. Di masa tanggap darurat ini, begitu banyak kebutuhan yang mereka perlukan, bahkan butuh waktu yang tidak sebentar,” jelas Aan.

Aznil Staff Program ACT Sumbar berharap bahwa warga Padang bisa memanfaatkan kemudahan untuk berdonasi jika dekat dengan posko bisa langsung antar donasi logistic seperti sembako dan sejenisnya, jika jauh bisa langsung transfer ke platform crowd funding ACT atau juga bisa di jemput oleh tim dalam wilayah jangkauan ACT.

“Donasi dari warga kota Padang bisa dalam logistik seperti Sembako diantaranya Beras, Gula dll, atau popok bayi, susu formula bayi, masker, diapers wanita atau bisa dalam bentuk uang tunai yang akan di gunakan untuk produksi rending yang akan kita kirimkan ke lokasi bencana” Uangkap Aznil.

Adapun titik Posko Kemanusiaan ACT yang bisa menjadi fasilitas penyaluran kedermawanan masyarakat Kota Padang untuk penyintas Semeru adalah di Kantor ACT Sumbar, di Jalan S. Parman. No.170J. Kelurahan Ulak Karang Selatan. Kec. Padang Utara. Kota Padang. Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi nomor telpon ACT Sumbar 0751-8971974 atau Nomor WA 0811-6680-074.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed