by

Penjelasan Dirut RSUD Raden Mattaher Soal Kepulangan Pasien 01 Positif Covid 19, Fery Kusnadi : Pasiennya Memaksa Pulang

Kepulangan pasien 01 positif Covid-19 asal Kabupaten Tebo pada Selasa (7/4/2020) siang kemarin menimbulkan banyak polemik di masyarakat.

Diberitakan sebelumnya bahwa pihak keluarga mengatakan pasien sudah diizinkan pulang oleh pihak rumah sakit.

Menanggapi hal ini Direktur RSUD Raden Mattaher Fery Kusnadi memberikan klarifikasi terhadap pernyataan keluarga pasien tersebut.

Fery Kusnadi kepada jambione menegaakan bahwa kepulangan pasien tersebut atas kemauan pasien itu sendiri dan keluarganya “Pasiennya memaksa pulang, mungkin dikarenakan beliau sudah merasa bosan di ruangan Isolasi. Maklum aja udah 20 hari beliau “terkurung” di sini, jadi bukan rumah sakit yang memulangkan,” ujarnya Rabu (8/4/2020).

Menurut Fery, awalnya dia tidak tahu pasien tersebut pulang. Makanya, begitu tahu dia  langsung menghubungi pihak keluarga pasien.

“Saya langsung menghubungi pihak keluarga pasien setelah mengetahui si pasien sudah pulang. Kebetulan yang ngangkat teleponnya  istri pasien. Saya jelaskan bahwa pasien itu belum bisa diperbolehkan pulang ke rumah sebelum ada izin dari dinkes dan pihak rumah sakit. Ibu jangan seenaknya nya saja. Pasien akan kami jemput untuk  diisolasi kembali”, jelas Ferry yang juga mengaku  sangat kesal dengan tindakan keluarga pasien.

Ferry juga menjelaskan, awalnya ada penolakan dari pihak keluarga terhadap pihak rumah sakit untuk menjemput kembali pasien dari kediaman nya.

Pertama saya telepon, istrinya menolak untuk dijemput kembali pasien. Namun setelah saya jelaskan bahwa tindakannya ini salah dan menimbulkan keresahan masyarakat, akhirnya keluarga menerima.

” Saya jelaskan, walaupun pasien kondisi kesehatannya sudah mulai membaik, untuk pemulangan pasien ada prosedur yang harus diikuti. Mendengar penjelasan itu barulah pihak keluarga menerima dan mengizinkan pasien dijemput kembali”, sambungnya.

” Sekitar pukul 20.30 kami langsung menjemput pasien di kediaman nya. Kami juga membawa istri pasien untuk diisolasi. Karena sang istri sudah kontak langsung dengan pasien positif corona tersebut,” jelaanya.

Terkait dengan pemeriksaan dari pihak Polda Jambi ke rumah sakit Mattaher, Ferry menjelaskanpihak polda cuma ingin memastikan pasien sudah kembali ke rumah sakit.

” Iya, tadi malam pihak Polda Jambi ada datang kesini. Tujuannya untuk memastikan keberadaan pasien, apakah sudah benar-benar kembali ke ruang isolasi, “katanya.

 

sumber :jambione.com

 

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed