by

Pengungsi Penyintas Semeru Dapat Layanan Fisioterapi Gratis Dari ACT

kabaronline.id, PADANG – Humanity Medical Services Aksi Cepat Tanggap (ACT) terus membersamai penyintas erupsi Semeru. Berbagai pelayanan kesehatan yang ditawarkan antara lain pemeriksaan kesehatan, pemberian obat-obatan, tabung oksigen, hingga layanan fisioterapi.

Fisioterapis Fitria Fahrun Nisa, mengungkapkan, banyak pengungsi yang menderita sakit badan, pegal, dan nyeri pada beberapa anggota tubuh.

“Di lokasi bencana seperti ini kondisinya belum stabil, jadi kondisi fisik para pengungsi itu banyak yang sakit anggota tubuhnya. Apalagi mereka terbatas geraknya, hanya diam saja di lokasi pengungsian,” ungkap Fitria kepada ACTNews, Kamis (9/12/2021).

Fitria menerangkan, para pengungsi selalu diimbau untuk melakukan aktivitas fisik ringan, seperti pemanasan dan senam. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan gerak otot tubuh.

“Kebanyakan para pengungsi yang datang ke posko kesehatan kami untuk berobat dari kalangan lansia. Semoga pelayanan yang kami berikan ini dapat membantu mereka agar cepat pulih. Insyaallah aksi-aksi medis ACT akan semakin meluaskan manfaat bagi para pengungsi erupsi Semeru,” tuturnya.

Sementara, salah satu penerima manfaat layanan fisioterapi dari Humanity Medical Services ACT, Siti Mahmudah (40) mengaku sangat senang dan bersyukur atas kehadiran pelayanan kesehatan gratis ini.

“Alhamdulillah, saya tau posko kesehatan ini dari tetangga. Saya senang dan bersyukur, walau kondisi kesusahan ada erupsi Gunung Semeru, ternyata ada pengobatan gratis. Terima kasih ya,” jelas warga Desa Sumberwuluh ini.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed