by

Penduduk Miskin Turun, IPM Urutan 4 Provinsi

MUARABUNGO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bungo dibawah kepemimpinan Bupati H Mashuri dan Wakil Bupati H Safrudin Dwi Apriyanto (HAMAS-APRI) tak hanya berhasil membangun infrastruktur dari dusun ke kota. HAMAS-APRI juga dinilai berhasil di sektor Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

IPM yang merupakan akumulasi dari pencapaian kinerja pembangunan tiga bidang yaitu kesehatan, pendidikan dan ekonomi Kabupaten Bungo berada pada angka 69,86. Atau urutan ke-4 kabupaten/kota Se-Provinsi Jambi.

Hal itu berdasarkan paparan yang disampaikan Pj Bupati Bungo, Ahmad Bestari dalam pidato Hari Ulang Tahun(HUT) Kabupaten Bungo ke-55 di Gedung DPRD Bungo, Senin(19-10-2020).

Tak hanya itu, HAMAS-APRI juga tercatat berhasil meningkatkan pendapatan perkapita. Terhitung akhir 2019 pendapatan perkapita di Kabupaten Bungo mencapai Rp52,448 juta. Jumlah itu naik dari tahun 2018 yang hanya Rp50,351 juta.

Sementara Indeks Gini tahun 2019 berada pada angka 0,32. Angka tersebut merupakan salah satu wujud keberhasilan Kabupaten Bungo dalam rangka mengurangi ketimpangan pendapatan. Karena angka tersebut masuk ke dalam kategori ketimpangan rendah.

Maka sejalan dengan kondisi tersebut, terjadi penurunan persentase penduduk miskin di Kabupaten Bungo sebesar 0,18 persen sampai dengan tahun 2019.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed