by

MERIAH..!!! Acara Pemuda Kuamang Kuning Mensyukuri Kemerdekaan Republik Indonesia

-NEWS-97 views

Indonesia Merdeka merupakan perjuangan seluruh rakyat Indonesia yang rela berkorban jiwa dan raga, bukan hadiah dari bangsa lain. Menyadari hal itu, sudah menjadi hal sepatutnya bagi generasi pemuda mengisinya dengan berbagai prestasi dan kreasi demi kemajuan negara.

Generasi muda merupakan tulang punggung yang meneruskan nilai-nilai perjuangan, sehingga disegala lini sendi kehidupan dituntut untuk berperan. Ada para pemuda yang menuntut ilmu bahkan sampai keluar negeri yang pada akhirnya kembali untuk mengaplikasikan ilmunya kepada ibu pertiwi. Pemimpin negeri saat ini merupakan pemuda-pemuda yang mengambil peran melalui jalur politik dan kualitas kepemimpinan mereka sangat dipengaruhi oleh kefahaman akan nilai perjuangan para pahlawan dan kecintaannya kepada Negara Republik Indonesia.

Hari ini, Sabtu 22/08/2020 para pemuda di dusun (baca : desa) Sumber Harapan Kecamatan Pelepat Ilir Kabupaten Bungo Provinsi Jambi melakukan kegiatan syukuran kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 dengan mengadakan berbagai perlombaan untuk para pemuda dan anak-anak. Daerah ini juga sering disebut kuamang kuning.

Datuk Rio Sumber Harapan, Joko Partono yang turut serta dalam perlombaan mengungkapkan pentingnya acara seperti ini.

“Saya selaku Rio di Dusun Sumber Harapan merasa bersyukur karena hampir disetiap RT mengadakan kegiatan perlombaan untuk memeriahkan HUT RI ke-75. Siang ini pemuda yang tergabung dalam OrpenoUma (Organisasi Pemuda Enggano Usaha Mandiri) mengadakan acara memeriahkan HUT RI ke-75. Kita berharap acara ini tidak dilihat sebagai acara yang dimaknai permainan saja namun lebih kepada pendidikan dan penanaman nilai-nilai nasionalisme. ” ungkap datuk Rio sumber Harapan.

Lebih lanjut Datuk Rio menjelaskan bahwa dari kegiatan perlombaan yang diadakan juga akan menumbuhkan semangat kerjasama dan gotong royong.

“Ada beberapa jenis perlombaan yang sifatnya perjuangan mandiri dan ada pula yang harus bekerjasama. Perlombaan balap karung misalnya masing-masing peserta harus berlomba secara mandiri untuk memenangkannya, hal ini dapat dimaknai sebagai seorang pemuda harus memiliki jiwa patriot. Fokus berlomba untuk meraih prestasi tanpa bantuan orang lain. Berbeda halnya ketika lomba panjat pinang yang akan mustahil dilakukan sendirian tanpa kerjasama dengan lainnya. Ketika bekerjasama harus ada musyawarah dan penentuan pemimpin serta strategi dalam meraih hal yang diinginkan. Pada intinya seluruh kegiatan memiliki pelajaran yang sangat berharga bagi kehidupan para pemuda kedepannya” Pungkas datuk Rio. (St)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed