by

Ledakan Maha Dahsyat Guncang Beirut Lebanon, 70 Orang Tewas

Sebuah ledakan besar terjadi di Beirut Lebanon, Selasa (4/8/2020) sore waktu setempat. Ledakan maha dahsyat itu terjadi di gudang pelabuhan dekat Beirut tengah dan menewaskan lebih dari 70 orang dan melukai 2.750 orang lainnya.

Saat kejadian terjadi, asap besar membumbung tinggi ke udara disertai dengan munculnya gelombang api yang sangat besar. Gedung-gedung berguncang bahkan jendela-jendela bangunan di kota itu hancur.

Sebagaimana ditulis AFP, banyak korban terperangkap di bawah puing-puing reruntuhan. Ledakan keras itu terasa hingga sebagian besar kota dan menyebabkan listrik putus di beberapa distrik.

“Bangunan bergetar,” ujar seorang penduduk melalui Twitter, dikutip Rabu (5/8/2020).

“Sebuah ledakan besar, memekakkan telinga melanda Beirut. Terdengar dari jauh.”

Presiden Palang Merah Lebanon mengatakan korban jatuh begitu banyak. Timnya bahkan kewalahan.

“Kami kewalahan menerima telepon,” tegasnya

Sumber menyebut korban yang dibawa ke rumah sakit sangat banyak. Alhasil, rumah sakit Beirut tak mampu menampung korban.

Sebagian korban terpaksa dilarikan ke rumah sakit lain di luar kota Beirut. Ambulans dari wilayah utara dan selatan negara itu, serta lembah Bekaa di timur diminta membantu evakuasi korban.

Sementara itu, menurut pihak keamanan setempat, setidaknya ada dua ledakan yang terjadi. Ledakan kemungkinan dari bahan peledak yang disita dan disimpan di pelabuhan selama bertahun-tahun.

Sementara itu, Perdana Menteri Lebanon Hasan Diab bersumpah akan meminta pertanggungjawaban pada pihak-pihak terkait. Ia mendeklarasikan hari Rabu (5/8/2020) sebagai hari bergabung nasional.

Sementara Presiden Michel Aoun menyerukan rapat mendesak dewan pertahanan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed