by

Indonesia Hadiahkan Kapal Kedua untuk Nelayan Palestina

Proses pembuatan kapal kedua untuk nelayan Palestina. (ACTNews)

kabaronline.id, GAZA – Bendera Indonesia dan bendera berlogo Aksi Cepat Tanggap (ACT) berkibar gagah di atas sebuah kapal yang terparkirkan di salah satu pelabuhan di Alminaa, Gaza Utara, Palestina. Kapal inilah yang dibeli masyarakat Indonesia untuk diberikan kepada nelayan di Gaza dan merupakan kapal kedua.

Said Mukaffiy dari tim Global Humanity Response ACT menjelaskan, kapal berukuran panjang 15 meter, lebar 4,2 meter, dengan kelistrikan 22 kiloWatt, itu diperuntukkan kepada 10 keluarga nelayan. Para nelayan penerima manfaat berasal dari keluarga miskin yang hanya memiliki kapal kecil dengan hasil tangkapan yang juga sangat terbatas.

“Insyaallah, kapal hasil patungan masyarakat Indonesia ini, bisa membuat para nelayan mendapat tangkapan hasil laut yang lebih banyak. Dengan kapal yang lebih besar, maka jarak jelajahnya pun akan semakin luas,” kata Said, Jumat (17/12/2021).

Said menegaskan, pemberian kapal ini telah mendapat izin dari pemerintah Gaza. Ia mengatakan, kapal ini mampu berlayar dalam waktu tiga bulan ke depan.

Pada beberapa bulan lalu, dermawan Indonesia melalui ACT juga memberikan kapal pertama berukuran panjang 21 meter dan lebar 6 meter, kapal ini pun diklaim sebagai yang terbesar di Gaza. Berbeda dengan yang kedua, kapal pertama memulai perakitannya dari nol dengan pengerjaan rangka. Setidaknya 15 keluarga nelayan diproyeksikan akan menggunakan kapal tersebut untuk melaut.

sumber : news.act.id

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed