by

Banjir Besar Lumpuhkan Malaysia, Melalui ACT Padang Mari Kirimkan Bantuan untuk Ribuan Warga Terdampak

kabaronline.id, MALAYSIA,- Bencana banjir bandang menghantam sejumlah wilayah di Negeri Jiran setelah hujan dengan intensitas tinggi mengguyur sejak Jumat (17/12). Tak main-main, delapan titik wilayah terdampak meliputi Selangor, Kelantan, Terengganu, Pahang, Negeri Sembilan, Melaka, Perak dan Putrajaya.

Sungai-sungai meluap, merendam kawasan perkotaan dan memutus sejumlah jalan utama. Kegiatan warga praktis terhambat, puluhan rute kendaraan umum juga dihentikan operasionalnya.

Wilayah Klang menjadi yang paling parah terdampak, karena banjir di wilayah itu juga diperparah dengan adanya air pasang laut. Kegiatan di pelabuhan besar Malaysia, Port Klang terganggu karenanya.

Akibat banjir ini, telah tercatat 2 warga meninggal dunia dan belasan ribu orang harus mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Dikutip dari portal berita Tempo, Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan dan Air Malaysia, Zaini Ujang, memberikan keterangan bahwa fenomena ini disebabkan faktor aliran monsun dan sistem cuaca tekanan rendah yang mencapai tingkat depresi tropis yang terbentuk di Laut Cina Selatan pada 12 Desember. Ia juga menjelaskan bahwa curah hujan yang terjadi saat itu merupakan yang terbesar.

“Curah hujan tahunan di Kuala Lumpur adalah 2.400 mm. Curah hujan kemarin sudah melebihi rata-rata curah hujan selama sebulan, di luar dugaan dan hanya terjadi 100 tahun sekali,” ujarnya.

Sertakan saudara-saudara di Malaysia dalam doa kita, Sahabat. Semoga musibah ini cepat berlalu. Buktikan bahwa kepedulian kita tak hanya menjangkau saudara yang tertimpa ujian di dalam negeri saja, tetapi juga di negara sahabat seperti Malaysia.

InsyaAllah, tim representatif ACT di Malaysia tengah berupaya menyampaikan bantuan terhebat untuk mereka yang terdampak, seperti obat-obatan, bahan pangan, pakaian dan selimut, serta peralatan kebersihan.

Mari ikut serta ambil bagian dalam misi diplomasi di ranah kemanusiaan ini dengan sedekah tertulus kita! melalui link https://padang.indonesiadermawan.id/BanjirMalaysia
Salurkan Sedekah terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:
1. Klik ‘Sedekah Sekarang’
2. Masukan nominal Sedekah
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik ‘Sedekah’
5. Dapatkan laporan via email
Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.
Konfirmasi Donasi Banjr Malaysia bisa langsung ke Irsyad – Marketing Communication ACT di nomor 085363044955

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed