by

Bangunkan Tempat Wudhu, Mari Bantu Jamaah Surau Durian Taba Beribadah Dengan Nyaman Saat Ramadhan

-KISAH, SOSIAL-16 views

KISAH – KabarOnline.id –

“Kami ingin beribadah dengan nyaman saat Ramadhan”

“Bulan Ramadhan ialah bulan suci yang dinanti oleh semua umat Muslim”

Tidak lama lagi kita akan menyambut bulan suci Ramadhan, disini terdapat Surau Durian Taba yang berlokasi di Dusun Sungai Pingai, Nagari III koto aua malintang selatan, Kec. IV koto Aua Malintang, Kab. Padang Pariaman telah berdiri sejak 2010 dengan kondisi belum memiliki tempat wudhu dan kamar mandi. Jamaah di Surau Durian Taba berjumlah ± 75 Jiwa yang terdiri dari jemaah laki², jemaah perempuan, anak² dan lansia.

Jamaah Surau Durian Taba biasanya berwudhu ke sungai yang berlokasi sekitar 200 m dari surau. Sebelum ke sungai warga harus melewati perkebunan.

Ketika cuaca hujan, kondisi air disungai keruh sehingga tidak dapat dipakai untuk berwudhu oleh jamaah Surau Durian Taba. kondisi ini diperparah belum ada penerangan untuk berwudhu ke sungai dimalam hari, terlebih lagi bagi lansia karna sulit untuk menuju lokasi.

Alternatif sementara, jamaah laki² mengambil air di sungai dengan menggunakan ember dan geregen untuk berwudhunya jamaah perempuan / lansia.

Selain kebutuhan tempat wudhu dan kamar mandi, jamaah mushalla juga membutuhkan sajadah dan soundy sistem yang layak.

Karna perekonomian warga yang terbilang menengah kebawah, warga belum bisa membangun tempat wudhu dan kamar mandi di mushalla. Mayoritas pekerjaan masyarakat disana sebagai petani dan berkebun. Hasil panen dari masyarakat terkadang gagal disebabkan oleh ulah hewan hutan seperti babi dan kera.

InsyaAllah tim Aksi Cepat Tanggap Sumatera Barat dan Masyarakat Relawan Indonesia akan berikhtiar untuk melengkapi fasilitas Surau Durian Taba agar mereka dapat beribadah saat ramadhan dengan lebih nyaman dan lebih baik.

yuk patungan bangun tempat wudhu untuk jamaah surau taba, di Padang Pariaman
https://padang.indonesiadermawan.id/BantuSurauDurian

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed