by

ACT Sumbar Mengajak Urang Awak Kirim Bantuan Logistik Untuk Pengungsi Erupsi Semeru

-NEWS-75 views

kabaronline.id, PADANG Pascaletusan Gunung Semeru yang terletak di daerah Lumajang, Jawa Timur pada Sabtu (4/12/2021), warga sekitar yang terdampak sangat membutuhkan bantuan kemanusiaan. Mereka saat ini masih bertahan di pengungsian yang tersebar di beberapa titik usai gunung tertinggi di Jawa ini memuntahkan kembali awan panas pada Senin (6/12/2021) sekitar pukul 09.00 WIB.

Tim Aksi Cepat Tanggap Sumbar terus jalin komunikasi dan update informasi dari relawan ACT di lokasi bencana erupsi semeru, Kusmayadi, dari tim Tanggap Darurat-ACT mengatakan terdapat beberapa kebutuhan mendesak yang sangat diperlukan oleh para pengungsi. Di antaranya adalah makanan siap saji dan air. Situasi yang belum kondusif, sebut Kusmayadi, membuat penyintas belum mampu secara mandiri menyiapkan kebutuhan konsumsinya.

“Kebutuhan konsumsi ini juga termasuk untuk para bayi. Para ibu membutuhkan makanan dan susu untuk bayi mereka. Kemudian popok juga diperlukan, mengingat banyak para orang tua yang belum sempat menyelamatkan pakaian bayi mereka,” ujar Kusmayadi.

Kebutuhan selanjutnya adalah terpal, tikar, dan selimut. Kusmayadi menyebut, masih banyak pengungsi belum mendapatkan tempat pengungsian yang layak. Mereka terpaksa tidur di tempat ala kadarnya dengan kepungan angin dataran tinggi yang menusuk serta abu yang bertebangan.

Untuk itu Aan Saputra Bracnh Manajer ACT Sumbar mengajak segenap warga Padang untuk meringankan beban perjuangan para pengungsi korban bencana erupsi gunung semeru dengan mengirimkan donasi.

“Sebagai warga yang dahulu pernah mengalami bencana gempa bumi dahyat tahun 2009, dan begitu banyak pihak megirimkan bantuan, maka kita perlu dan harus terdepan mengirimkan bantuan kepada para pengungsi di luamjang” ungkap aan.

Selanjutnya aan juga menambahkan apa saja yang di butuhkan segera. “Mereka rumahnya rusak, pertanian nya rusak, ternaknya mati, maka penting untuk kita kirimkan berupa uang tunai barang yang bisa ACT Terima di posko kantor ACT Padang seperti makanan instan, air mineral, terpal/tikar, selimut hangat, vitamin pembalut, makanan bayi, susu bayi dan popok bayi. Jelas aan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed